Header Ads

ad

Cara Membuat dan Memastikan Keamanan Bubur Bayi Organik

Bubur Bayi organik dapat dibuat sendiri dengan meluangkan sedikit waktu dan usaha. Makanan bayi buatan sendiri adalah alternatif paling sehat daripada bubur yang dijual di pasaran. Membuat makanan bayi sendiri sangat aman kalau mengikuti beberapa prosedur kesehatan dan kebersihan. Jangan lupa kalau tangan Anda yang digunakan untuk membuat bubur bayi sangat rentan terkena kuman atau bakteri.

Sehingga, saat membuat bubur, selalu pastikan untuk benar-benar mencuci tangan. Perhatikanlah, peralatan seperti meja, peralatan, panci dan wajan, talenan dan blender/pengolah makanan. Bersihkanlah semuanya sebelum Anda gunakan, pastikan benar-benar bersih. Pakailah sabun anti bakteri alami yang tidak mempunyai kandungan kimia berbahaya bagi tubuh si kecil.  Jangan pernah menggunakan talenan yang sama bagi daging dan buah/ sayuran.

Bubur Bayi Organik


Anda harus memiliki talenan khusus untuk memotong-motong bahan makanan bayi. Bersihkanlah sebelum dan sesudah digunakan. Setelah memastikan semua peralatan dan tangan bersih, maka Anda harus mempertimbangkan kebersihan bahan-bahan atau kandungan dalam bubur bayi organik. Selalu mencuci dan membersihkan buah dan sayuran yang akan Anda gunakan untuk membuat makanan bayi Anda.

Simpanlah semua bahan di tempat aman, tertutup dan tidak terpapar oleh debu. Selain itu, hindarkan dari pancaran sinar matahari secara langsung dan hinggapan lalat. Kontaminasi dari polutan bisa menyebarkan bibit penyakit yang akhirnya akan mengurangi atau merusak kandungan nutrisi dari bubur bayi organik yang dibuat sendiri itu. Selain memastikan bagaimana kebersihan dari makanan tersebut, Anda juga harus menjaga kebersihan peralatan.

Pilih bahan makanan segar saat ingin membuat bubur bayi organik. Sebab, bahan mentah yang kurang segar bisa beresiko bagi kesehatan saluran pencernaan si kecil. Peralatan makan yang kotor merupakan perantara dari berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Berilah pengamanan ekstra untuk peralatan makan si kecil. Tempatkan di penyimpanan khusus dan jangan gunakan selain untuk si kecil.

Lalu, perhatikan pula porsi makanan yang Anda berikan pada si kecil. Jangan terlalu berlebihan, lebih baik secukupnya saja. Buat makanan bayi untuk sekali makan saja, hindari menyimpan sisanya di lemari pendingin. Sebab penyimpanan tersebut tetap beresiko merusak kandungan gizi dalam makanan si kecil. Kalaupun Anda menggunakan lemari pendingin, bersihkanlah secara berkala. Ambil dan buang makanan yang telah rusak atau berubah mana.

Bagi Anda yang terlalu sibuk dan menginginkan cara instan untuk mengasup makanan pada si kecil, bisa membeli Nestle Cerelac. Cerelac adalah bubur bayi organik yang kaya akan zat besi, vitamin C, probiotik, seng yang juga nyaman bagi saluran cernanya. Sebagai makanan pendamping ASI Cerelac dibuat dengan teknologi yang terjaga kebersihan serta kesehatan dalam proses pembuatan makanan bayi.

Tidak ada komentar